Teryata ada 3 Jenis, Yuk Kenali Sistem Akses Kontrol Pintu (Door Access Control) – Part I

Saat ini akses kontrol sangat umum kita jumpai tempat – tempat yang didalamnya mempunyai batasan ruang yang tidak bisa diakses secara bebas. Misalnya di mall, kantor, hotel, bahkan di rumah pun kini telah banyak yang menerapkan pembatasan akses masuk ke ruangan tertentu. Faktor keamanan dan kenyamanan ini menjadi pertimbangan utama diterapkannya pembatasan akses masuk. Alat yang digunakan biasa adalah Door Access Control atau Akses Kontrol Pintu.

Door Access Control atau Akses Kontrol Pintu adalah sebuah sistem mengatur akses ke suatu ruangan/tempat dengan menempatkan sistem perangkat kontrol pada pintu tersebut. Pemanfaatan dari Akses Kontrol Pintu ini merujuk pada usaha membatasi akses masuk ke properti, bangunan atau suatu ruangan yang hanya diperuntukkan bagi orang – orang tertentu saja yang memiliki kewenangan untuk mengakses ruangan tersebut.

Pada umumnya akses kontrol pintu yang kita kenal saat ini pasti memiliki sistem berbasis elektronik. Dimana di dalam sistem tersebut terdiri dari beberapa perangkat elektronik saling berkaitan.

Tipe Perangkat Akses Kontrol Pintu

Untuk tipe akses kontrol yang berbasis elektronik terdiri dari 2 bagian, yaitu:

1. Bagian controller

2. Kunci elektronik

Kedua bagian ini ada yang terpisah. Sehingga dalam penggunaannya harus dirangkai terlebih dahulu. Selain itu ada juga yang sudah dalam bentuk satu paket dimana bagian controller dan kunci elektronik menjadi satu.

Berikut 3 tipe dari perangkat akses kontrol pintu:

1. Mesin akses kontrol standalone

Jenis ini terdiri dari 2 bagian yaitu mesin dan kunci elektronik. Mesinnya berfungsi sebagai reader sekaligus controller. Umunya 1 mesin hanya bisa digunakan untuk mengontrol 1 pintu saja.

 

2. Mesin akses kontrol centralized

Mesin akses kontrol centralized menggunakan controller panel untuk mengontol reader, lock dan seluruh aksesorisnya. Panel tersebut mempunyai kemampuan untuk mengontrol beberapa lock sekaligus, serta dapat terkoneksi dengan panel lain. Mesin akses kontrol tipe centralized bisa digunakan untuk mengontrol banyak lock dalam satu gedung secara terpusat.

 

3. Mesin akses kontrol berbentuk handle

Pada tipe berbentuk handle antara mesin reader dan bagian lock itu menjadi satu. Sekilas bentuknya terlihat sama dengan handle pintu pada umunya, bedanya pada Mesin akses kontrol berbentuk handle ini dilengkapi dengan sistem elektronika. Bentuknya yang simple membuat mesin akses kontrol pintu tipe ini sangat tepat digunakan di rumah, kantor maupun hotel.

Jalan Daan Mogot Dua, Komplek Golden Ville Blok 88DI Kepa Dur, Jakarta Barat - 11510

Phone : +62-21-564 1142 | Fax : +62-21-5671938

Cell/SMS/Whatssapp : +62-855 157 7676

info@professtama.com

© 2019 Professtama Development Group

This site was designed with the
.com
website builder. Create your website today.
Start Now